Tips Memilih Desain Ruang Belajar Terbaik

Desain ruang belajar sebenarnya banyak dimasukan dalam sebuah desain kamar tidur, karena banyak yang menggunakan kamar sebagai tempat belajar pula. Apalagi, banyak juga yang menjadikan kamar tidur sebagai tempat belajar, sekaligus tempat menyelesaikan pekerjaan.


Dari sisi psikologis, sebenarnya hal ini kurang baik. Karena bekerja dari dalam kamar, akan mengakibatkan istirahat kita terganggu. Karena terbiasa bekerja dalam kamar, istirahat justru menjadi tidak fokus, karena kamar tidak lagi menjadi sebuah tempat untuk beristirahat, sehingga saat kondisi psikis kita terbiasa bekerja di kamar, bisa jadi akan lebih sulit mendapatkan tidur yang optimal.

Tapi tidak akan kita bahas kali ini, karena kita akan fokus pada bagaimana memilih desain ruang belajar yang tepat di rumah.

Menyatu dengan kamar

Pilihan ini tetap bisa digunakan, terutama untuk anak-anak yang masih kecil usia TK & SD. Tetapi perlu diperhatikan secara keseluruhan desain kamar yang digunakan, agar membangkitkan semangat belajar, tanpa merasa terpaksa. Misalnya dengan kolaborasi warna yang ceria dan menyenangkan seperti gambar diatas.


Dengan bentuk yang simpel namun tetap manis dan indah diperhatikan. Tak membutuhkan space yang begitu besar, anda bahkan bisa memanfaatkan lorong yang tersedia untuk membuat ruangan ini. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan dan sudut pandang, agar tidak membosankan. Konsep ini bisa dipakai untuk ruang belajar bagi anak remaja, ataupun orang dewasa untuk bekerja.

Desain ruang belajar ceria


Masih cocok untuk anak-anak agar pendidikan secara formal dan informal mereka berkembang, ruang belajar menggunakan konsep yang imajinatif dan ceria. Belajar menjadi tidak membosankan dan memberi semangat tersendiri. Jangan lupa sediakan rak buku dengan konsep minimalis agar terlihat lebih rapi.

Desain ruang belajar santai

Ruang santai juga bisa dijadikan tempat belajar yang menyenangkan. Hindarikan alat-alat elektronik seperti televisi di area ini agar lebih tenang dan konsentrasi. Ruang santai keluarga pun bisa dijadikan tempat belajar yang asik. 

Manakah desain ruang belajar favorit anda? share melalui kolom komentar ya..